Selasa, Agustus 6

7 Film Pilihan tentang Lingkungan Hidup

Go green! Jargon yang sering dikumandangkan banyak orang saat ini, tapi tahukah kamu, sudah sejak dulu orang-orang menyuarakan gerakan peduli lingkungan ini dengan berbagai cara, beberapa diantaranya menyalurkan lewat film, karena gerakan peduli lingkungan tidak cukup hanya dengan berkoar-koar semata, maka medium film merupakan sebuah perantara yang paling tepat untuk menyuarakan kepedulian manusia pada lingkungan sekitarnya. Mau tahu apa saja film-film non-dokumenter yang menyuarakan gerakan peduli lingkungan? Langsung saja simak dibawah ini! (AG)

Erin Brokovich (2000)

Diangkat dari kisah nyata, dimana seorang single mother bernama Erin Brokovich (Julia Roberts) berusaha menyelidiki kasus pencemaran suplai air di kotanya yang dilakukan perusahaan Pacific Gas & Company (PG&E). Kasus tersebut menjadi kasus class action lawsuit terbesar yang dilakukan firma hukum Erin Brokovich ke perusahaan multinasional sepanjang sejarah Amerika. Masuk lima nominasi Academy Award, film arahan Steven Soderbergh ini sukses mengantarkan Julia Roberts menyabet piala di kategori Best Actress in Leading Role. Yang menarik adalah, Erin Brokovich adalah seorang single mother yang tidak punya latar belakang hukum sama sekali, tapi kepeduliannya terhadap lingkungan telah merubah hidupnya menjadi orang yang dipandang. From hero to zero, that’s Erin Brokovich.

Avatar (2009)

Siapa yang tidak tahu film dengan spesial efek megah karya James Cameron ini. Film yang mendapatkan pendapatan terbesar kedua sepanjang masa setelah Titanic ini merupakan film dengan cerita sederhana yang sebenarnya masih membicarakan masalah lingkungan. Digambarkan di film ini, manusia sampai harus menginvasi planet Pandora yang kaya akan sumber daya alam, mereka menyedot sumber daya alam tanpa mempedulikan lingkungan hidup dan penghuni asli planet Pandora. Satu hal yang bisa kita pelajari dari Avatar, sifat rakus manusia untuk mengeksplorasi sumber daya alam tanpa memberi timbal balik positif pada alam memang sulit diberantas sampai detik ini. So, be wise guys!

Wall-E (2008)

Sebuah film animasi dari Pixar yang paling manis di tahun 2008. Cerita seorang robot pengumpul sampah bernama Wall-E yang jatuh cinta pada robot lain bernama Eva. Dibalik kisah romansa dua makhluk artificial tersebut, film ini menyimpan pesan yang sangat dalam dimana sifat konsumtif manusia disentil habis-habisan, makin konsumtif manusia, makin malas manusia untuk menjaga lingkungan hidupnya. Wall-E merupakan film animasi manis yang memberi banyak pelajaran berharga, bumi harus dijaga, dan harus dimulai dengan cara yang paling sederhana, yaitu dengan cara jangan membuang sampah sembarangan.

Into the Wild (2007)

Secara garis besar, film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Chris McCandless (Emile Hirsch) ini merupakan sebuah film drama pencarian jati diri seorang remaja yang baru lulus kuliah, semangat McCandless untuk menghilang dari peredaran tanpa memberi tahu keluarga dan kerabatnya, menyumbangkan seluruh uang tabungannya ke badan amal dan membakar tanda pengenalnya dan mengganti namanya menjadi Alexander Supertramp adalah perjalan spiritual mengharu-biru dimana Chris bisa menemukan jati dirinya di alam liar Alaska yang indah dan jarang terjamah manusia. Kecintaanya pada lingkungan hidup bagaikan kritikan langsung pada gaya hidup modern yang tidak ia sukai. Tapi pada akhirnya, sebahagia apapun kita bila tidak membagi kebahagiaan tersebut dengan orang tercinta hanyalah sebuah kebahagiaan semu. Ya, drama menyentuh arahan Sean Penn ini adalah salah satu film drama terbaik yang diangkat dari kisah nyata perjalanan hidup terbaik.

On Deadly Ground (1994) & Fire Down Below (1997)

Bagi kamu yang suka film action, jangan lupakan dua film action klasik Steven Seagal ini, dengan genre enviromental action, cara terekstrim yang dilakukan oleh Steven Seagal di On Deadly Ground adalah menyingkirkan perusahaan minyak (dengan cara apapun) yang gemar membuang limbah di lautan Alaska. Sementara di Fire Down Below, Steven Seagal harus berhadapan dengan seorang bisnis man yang gemar membuang limbah di perbukitan Kentucky. Memang terdengar kontroversial, membantai orang yang merusak alam, tapi mungkin hal tersebut bisa terjadi jika di masa depan nanti sudah banyak orang yang mulai tebal muka mencemari lingkungan hidup ini, mungkin satu-satunya cara adalah dengan cara yang dimiliki Steven Seagal, bantai dan hancurkan mereka yang tidak peduli lingkungan! Sementara itu, nikmati saja dulu dua film action klasik menyenangkan ini.

Forest Warrior (1996)

Jika Steven Seagal saja sudah beraksi untuk melindungi alam, maka kali ini giliran Chuck Norris yang beraksi. Lewat film klasiknya ini, Chuck Norris yang merupakan tandem Bruce Lee di dunia martial art klasik memerankan karakter bernama McKenna, seorang misterius penjaga hutan Tanglewood yang bisa berubah menjadi elang, serigala dan beruang! Melawan para penebang liar di hutan Tanglewood, McKenna mengajak para bocah yang gemar bermain di hutannya untuk menyabotase rencana jahat para penebang liar tersebut. Terdengar konyol? Memang, tapi inilah film yang paling sederhana yang mengajarkan kita pentingnya menjaga hutan. Karena isu penebangan liar sampai sekarang pun masih menjadi masalah yang banyak terjadi di belahan dunia yang mempunyai areal hutan terbesar, termasuk Indonesia.

Honorable mentions:

The Lorax (2012)

The Simpson Movie (2007)

The Day After Tomorrow (2004)

A Civil Action (1998)

Pom Poko (1994)


Tidak ada komentar: